Selasa, 15 Oktober 2013

Pulau Sawi - Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat



Pulau Sawi termasuk dalam Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pulau Sawi kaya akan kehidupan laut dan pemandangan alam yang indah. Sejak tahun 2009, kabupaten Ketapang mulai membenahi obyek wisata ini dan menjadikannya sebagai obyek pariwisata di Ketapang, Kalimantan Barat.

Ketapang memiliki sekelompok pulau-pulau kecil. Pulau-pulau kecil yang memiliki potensi besar sebagai objek wisata, dari pemandangan yang masih alami dengan kekayaan sumber daya, khususnya sumber daya laut. Salah satu pulau yang memiliki potensi tersebut adalah Pulau Sawi. Pulau yang dihuni oleh sekitar 20 kepala rumah tangga.

Komunitas masyarakat Pulau Sawi umumnya bekerja sebagai nelayan dan memancing. Kadang-kadang mereka mencari mutiara laut. Di Pulau Sawi, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, seperti pasir putih yang terletak di sepanjang pantai, kehidupan biota laut, dan tradisi lokal.

Air laut yang jernih layaknya kristal, sehingga membuat kehidupan tanaman dan hewan di bawah permukaan laut tampak terlihat jelas. Tak heran kalau pulau ini mendapat julukan “Pulau Bidadari”. Biota laut di Kepulauan ini adalah rumput laut, udang kipas, kepiting raja, penyu belimbing, penyu sisik, penyu hijau, mutiara, dan beberapa jenis ikan.

Selain menikmati pemandangan alam yang eksotis, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan wisata alam seperti berkemah, lintas alam untuk menjelajahi pulau, menyelam, berenang, atau memancing.

Ketapang memiliki sekelompok pulau-pulau kecil yang memiliki potensi besar sebagai objek wisata, dengan pemandangan dan sumber daya alam yang masih alami, khususnya sumber daya laut. Dan Pulau Sawi adalah salah satunya.

Akses

Selain penduduk setempat yang ramah, pulau ini juga mudah diakses dari kota Ketapang dengan berbagai jenis transportasi yang tersedia. Akses ke transportasi ke Pulau Sawi tidak terlalu sulit. Anda terlebih dahulu harus melakukan perjalanan menuju Sungai Tengar, Desa Blossom Sari, Kecamatan Kendawangan yang terletak sekitar 70 km utara dari Kota Ketapang. Perjalanan ke Sungai Tengar dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat atau bus umum.Kemudian perjalanan disambung dengan perahu motor (motor boat) yang banyak disewakan oleh penduduk setempat. Perjalanan dengan perahu motor memakan waktu sekitar 1 jam. Untuk memudahkan transportasi ke pulau ini, pemerintah juga telah membangun dermaga kecil untuk perahu motor yang akan transit ke pulau itu.

Akomodasi dan Fasilitas

Di Pulau Sawi, Anda dapat mendirikan kemah untuk tinggal sambil menikmati pemandangan alam atau anda juga dapat menyewa home stay yang berdiri disekitar Pulau. Selain itu bagi Anda yang ingin berperahu di sekitar pulau, Anda dapat menyewa perahu lokal yang tersedia di sekitar pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar