Sabtu, 26 Oktober 2013

Opini

Pantaskah Wanita Merokok?



         Untuk kaum laki-laki, merokok merupakan hal yang wajar. Di Indonesia, penjualan rokok juga tidak pernah menurun. Meskipun masyarakat telah mengetahui bahwa rokok sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Peringatan tentang bahaya merokok pada setiap iklan rokok juga tidak dihiraukan. Bahkan saat aku kelas 2 SMP, pada pelajaran Bimbingan Konseling telah diajarkan apa saja bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam satu puntung rokok. Mulai dari karbon monoksida, Formaldehida (cairan yang sangat beracun untuk mengawetkan mayat, sampai Arsenik (bahan yang terdapat dalam racun tikus) ada didalam sepuntung rokok. Bayangkan jika dalam satu hari Anda mengkonsumsi satu bungkus rokok, berapa banyak kandungan kimia berbahaya dalam tubuh Anda? Mengerikan !

        Hal yang mengenaskan adalah, merokok tidak hanya banyak dikonsumsi oleh para pria tetapi juga para wanita. Perkembangan zaman dan gaya hidup membuat banyaknya kaum wanita yang merokok. Bahkan mereka tanpa rasa malu merokok di depan umum. Seperti di kampus, cafe, dan bahkan di pinggir jalan. Usianya pun beragam, mulai dari remaja sampai ibu rumah tangga. Tidak tahu apa motif para wanita untuk merokok di waktu senggangnya. Mungkin karena gengsi, gaya hidup, atau mungkin karena ketagihan.

     Setiap wanita akan menjadi ibu. Mereka mempunyai janin dalam tubuhnya. Sedangkan rokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin. Lalu, apa yang akan terjadi jika wanita merokok setiap hari? Tidakkah mereka seharusnya berpikir matang-matang bahkan harus berpikir ribuan kali untuk merokok? Belum lagi kesan yang ditimbulkan oleh orang lain bila melihat wanita yang sedang merokok. Sebagai masyarakat yang menganut budaya timur, wanita merokok identik dengan wanita nakal. Bagaimana kalau setiap wanita perokok dicap sebagai cewek nakal? Bagaima perasaan mereka? Tentu akan sakit hati dan tersinggung. Padahal belum tentu mereka yang merokok itu adalah wanita nakal.

      Tidaklah pantas kalau wanita merokok. Selain berbahaya untuk kesehatan, wanita juga merupakan figure IBU yang harus memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Untuk remaja, jika tidak mau dibilang cewek nakal, maka berhentilah merokok dari sekarang dan untuk selamanya. Kuatkan dari dalam diri kalian untuk berhenti merokok selama-lamanya. Sayangilah diri Anda ! Wanita tetap dapat modis dan gaul tanpa merokok. Jauhi rokok, maka hidupmu akan lebih bermanfaat dan kecantikan alami mu akan terpancar dengan sempurna. Pancarkanlah selalu wajah anggun wanita Indonesia tanpa rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar