Kamis, 24 Oktober 2013

Feature


Be a Smart Traveler!
  Saatnya bersenang-senang setelah melewati hari-hari yang melelahkan, jenuh dengan rutinitas, tugas kuliah yang menumpuk, dan masih banyak lagi! Kita pun layak mendapatkan liburan yang menyenangkan dan menikmati waktu dengan santai. Namun, terkadang masalah budget sering menjadi kendala untuk menjadi impian liburan yang menyenangkan. Liburan yang menyenangkan memang membutuhkan budget yang tidak sedikit, untuk konsumsi, transportasi, penginapan, dan lain-lain. Semakin mewah, semakin mahal, sepertinya ini sudah menjadi hukum alam.

    Tentunya untuk mewujudkan impian liburan yang menyenangkan, diimbangi dengan budget yang tidak pas-pasan. Kita tentu harus merencanakan keuangan kita terlebih dahulu. Menurutku, trik-trik ini bisa mewujudkan impian liburan kita tanpa terganjal oleh masalah keuangan.

Arrange Your Money
Mengatur budget adalah hal utama yang harus dipersiapkan untuk liburan yang diidam-idamkan. Bagaimana mungkin kita dapat menikmati liburan tanpa uang? Namun tidak perlu memasang budget yang tinggi.

1. Menabung
Kita harus jauh-jauh hari menyisihkan uang untuk ditabung demi mewujudkan keinginan berlibur yang menyenangkan dan berkesan. Rencanakan budget sedini mungkin, jangan di tunda-tunda!

2. Stop belanja untuk sementara
Kurangi belanja karena akan mengurangi budget yang kita punya. Prihatin untuk sementara waktu, karena nantinya kita pun yang akan menikmati hasil nya.

3. Berpatungan
Patungan dengan teman-teman juga bisa dijadikan cara alternatif untuk liburan. Berangkat liburannya pun bersama teman-teman, tetapi jangan sampai merepotkan teman, apalagi sampai meminjam uang. Kalau ingin patungan, harus adil dan terbuka mengenai budget bersama.

Prepare It Nicely

1. Tujuan dan jangka waktu
Menetapkan ke mana tujuan liburan dan berapa lama liburan sangat berhubungan erat dengan besar kecilnya budget yang kita keluarkan. Jadi, putuskan terlebih dulu tempat dan waktu akan berlibur. Dengan penetapan yang cermat, kita akan lebih mudah mencari informasi mengenai perkiraan biaya liburan dan juga tempat yang cocok untuk kita kunjungi.

2. Dana
Paling penting adalah masalah dana. Persiapkan dananya jauh-jauh hari supaya ketika saatnya tiba, uangnya sudah siap. Jangan sampai menjebol celengan atau memaksa cari pinjaman pada teman.

3. Waktu yang tepat
Ambilah liburan panjang. Pesanlah jauh-jauh hari tiket dan tempat penginapan selama liburan. Selain untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa mendapat potongan harga yang lumayan besar.

4. Jaga Kesehatan
Jangan sampai rencana yang sudah begitu bagusnya, ternyata gagal karena kamu sakit menjelang waktu keberangkatan liburan. Jika memaksakan untuk pergi dalam keadaan sakit, bisa-bisa malah kamu masuk rumah sakit di tempat liburan, selain itu juga akan merepotkan teman.

5. Ajak sahabat
Penting sekali! Kalau sedang patah hati, mungkin lebih nyaman berpergian sendiri. Tapi, umumnya lebih seru pergi bersama teman agar liburan kamu lebih seru dan berkesan. Nah, segera buat janji berlibur bersama teman-teman mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar