Minggu, 09 Desember 2012

Cita-Cita

Apa itu cita-cita ??? Cita-cita adalah sebuah impian atau keinginan dalam hidup kita yang harus kita raih dengan penuh peengorbanan. Setiap orang harus memiliki cita-cita dalam hidupnya. Sejak SD, sering sekali saya mendengar pesan yang berbunyi, “Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit”. Saat itu, saya belum mengetahui apa itu cita-cita. Saya juga heran, mengapa para orang tua atau orang dewasa sering bertanya apa cita-cita kita jika sudah besar nanti. Bahkan, ketika saya ditanya oleh orang tua saya, “Meta kalau sudah besar mau jadi apa?”. Saya pun dengan polos menjawab, “mau jadi dokter”. Padahal saat itu saya tidak tahu dengan jelas apa itu dokter dan bagaimana rasanya menjadi dokter. Saya hanya tahu, dokter itu orang yang bisa menyembuhkan orang sakit.

Setelah saya beranjak dewasa, barulah saya mengerti apa arti dari cita-cita dan apa manfaatnya jika kita mempunyai tujuan atau cita-cita dalam hidup kita sejak dini. Maksud dari orang tua atau orang dewasa sering  menanyakan cita-cita kepada anaknya adalah untuk membangun mental, niat, dan tujuan sang anak. Karena dengan memiliki cita-cita dan keinginan yang kuat, kita dapat semangat dalam menjalani hidup dan terus berjuang untuk meraih cita-cita kita dengan melawan segala hambatan dan rintangan yang menghadang.

Menjadi suatu keharusan bagi orang tua atau guru untuk membangun cita-cita sang anak sejak dini. Orang tua juga harus mampu menyesuaikan bakat dan minat anak, agar sang anak senang dan bersemangat dalam mengejar cita-cita nya. Orang tua juga harus mampu menjelaskan apa arti cita-cita kepada anaknya, sehingga sang anak sejak dini sudah rajin belajar untuk menggapai cita-cita yang diinginkannya.

Apabila kita sejak dini sudah mempunyai cita-cita, tentu saja banyak sekali manfaat yang kita rasakan. Diantaranya yaitu, hidup kita mempunyai jalan atau arah yang jelas. Mental kita dalam menghadapi hambatan jadi terasah, kita lebih bisa melawan rasa malas untuk meraih cita-cita kita tersebut, Kita pun akan rajin belajar dan terus berlatih dalam segala hal yang menjunjung cita-cita kita tersebut.

Oleh karena itu, marilah kita gantungkan cita-cita kita setinggi langit. Berusalah untuk meraihnya dengan semangat dan tekad yang kuat. Jangan pernah patah semangat dan putus asa dalam menggapai cita-cita. Dan jangan lupa untuk terus berdoa kepada Tuhan, agar segala sesuatunya diberikan kelancaran untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan. “Nggak ada mimpi yang ketinggian. Yang ada usaha yang kurang maksimal”. :)


TULISAN 4
Nama   : Meta Puspita Sari
NPM    : 14611442
Kelas   : 2Sa04


2 komentar: