Kamis, 11 Oktober 2012

Kepribadian dari Bangsa Timur

Bangsa timur adalah bangsa yang terkenal dengan keramah tamahannya. Apabila kita mendengar bangsa timur, hal yang ada di benak kita adalah identik dengan negara yang berada di Benua Asia, dan termasuk di dalam nya adalah negara kita tercinta, negara Indonesia. Kebudayaan bangsa timur sangat berbeda jika di bandingkan dengan kebudayaan bangsa barat. Dimana bangsa timur adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai kesopanan, mempunyai budi pekerti yang baik, dan bertoleransi tinggi. Sedangkan bangsa barat adalah negara yang pergaulannya sangat bebas dan individualis.

Bangsa timur suka sekali menjalin hubungan lebih kompleks dengan yang lainnya, Hal itu dapat dibuktikan situs jejaring sosial seperti Facebook ataupun Twitter lebih banyak diminati oleh bangsa Timur, khususnya Indonesia. Bangsa timur adalah bangsa yang ramah kepada siapa saja, sekalipun kepada warga negara asing yang datang ke negara nya. Mereka sangat suka memberikan salam, tersenyum, atau sekedar berbasa basi untuk menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi norma atau aturan yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka. Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun berpakaian. Bangsa timur sering mengucapkan kata "terima kasih" setiap kali diberikan bantuan oleh orang lain. Walau terkadang, bantuan tersebut hanya sederhana.

Bangsa lain juga sangat suka dengan kepribadian bangsa timur yang tidak individualis, saling menghargai serta tolong menolong satu sama lain. Selain itu, bangsa timur juga sangat menjaga tali silaturahmi antar sesama. Hal itu dibuktikan, adanya tradisi mudik yang di adakan setiap tahun di negara kita, Indonesia. Mereka rela menghabiskan uang dan waktu nya hanya untuk bertemu saudara atau keluarga mereka di kampungnya. Tingkat keagamaan mereka juga tinggi, terlihat dari seringnya mereka melakukan ibadah. Kepercayaan bangsa timur terhadap nenek moyang mereka juga masih kental sampai saat ini. Mereka masih percaya terhadap pantangan-pantangan atau anjuran-anjuran yang nenek moyang mereka ajarkan. Bangsa timur juga terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan bangsanya.

Hal yang menarik dari bangsa timur adalah, bangsa timur sangat mengormati atasannya. Mereka memperlakukan atasanya lebih dari yang lainnya. Padahal kalau di negara barat, bawahan memperlakukan atasan sewajarnya, tetapi mereka tetap menghargai nya sebagai atasan yang mempunyai kekuasaan. Selain itu, bangsa timur juga sangat menghargai orang yang lebih tua. Mereka dapat mengatur cara berbicara mereka. Mereka dapat membedakan cara berbicara mereka kepada orang yang lebih tua atau kepada teman sepantarannya.

Namun, masyarakat Indonesia tetap patut berbangga hati menjadi masyarakat yang memiliki adat ketimuran. Semenjak dahulu kala, bangsa Indonesia sudah terkenal akan keramah tamahan dan budi pekerti yang baik di mata masyarakat Internasional. Meski era globalisasi sudah mulai masuk ke adat ketimuran kita, sebagai bangsa yang berbudi harus sadar bahwa nilai-nilai budaya kita itu tidak kalah tingginya dari budaya barat dan keanekaragaman budaya yang kita miliki ini akan dapat memberikan inspirasi bagi kehidupan masyarakat internasional.

Tulisan 1
Nama : Meta Puspita Sari
NPM : 14611442
Kelas : 2Sa04




Tidak ada komentar:

Posting Komentar