Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas 1_ Ilmu Sosial Dasar

Jelaskan mengenai definisi dari Ilmu Sosial Dasar !

JAWABAN :

1.  Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan ilmu sosial dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaruan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu-ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu-ilmu sosial dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Sumber : Buku Ilmu Sosial Dasar / Drs. Abu Ahmadi  ̶̶̶  Ed-rev. cet 5  ̶̶̶  Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

2.  Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.
    Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.


3.  Menurut Effendi Wahyono dalam bukunya, “ Ilmu Sosial Dasar bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu tetapi lebih merupakan kajian yang sifatnya multi atau interdisipliner. Ilmu Sosial Dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitamya”.


KESIMPULAN  :

Berdasarkan ketiga sumber tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial Dasar (ISD) memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalui ilmu sosial dasar, mahasiswa akan memiliki penghayatan terhadap arah perkembangan dalam masyarakat. Sehingga mahasiswa mampu mengetahui ke arah mana pemecahan jalan keluar suatu permasalahan itu harus ditempuh. Selain itu, ISD juga dikaitkan dengan beberapa ilmu sosial lainya, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

Nama  : Meta Puspita Sari
NPM  : 14611442
Kelas  : 2Sa04


             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar