Senin, 09 April 2012

Tugas 1_Softskill 2 (Kepariwisataan)

Pertanyaan : 
Apa yang harus kita siapkan sebelum kita melakukan perjalanan wisata ?

Jawaban :
1. Tentukan jadwal keberangkatan Merencanakan tanggal keberangkatan jauh-jauh hari dapat meringankan biaya transportasi juga akomodasi. Dengan merencanakan jadwal berlibur jauh-jauh hari, akan membuat lebih leluasa dalam memilih dan menentukan harga-harga tiket promo pesawat dan penginapan.

2. Tentukan lokasi tujuan yang akan di tuju Setelah memutuskan tanggal berlibur, tahap berikutnya adalah menentukan tujuan wisata yang akan dituju. Sebelum memutuskan tujuan wisata yang akan dituju, ada baiknya mendapatkan informasi mengenai daerah tujuan wisata tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi stress, apalagi kalau daerah wisata yang akan kita kunjungi adalah kali pertama kita menginjakkan kaki.

3. Lakukan pemesanan tiket perjalanan dan akomodasi Pemesanan tiket perjalanan selain tiket pesawat dari tanah air menuju tujuan wisata, bisa dilakukan dengan online, tetapi sebaiknya dilakukan melalui agen perjalanan yang sudah memiliki reputasi dan dapat dipercaya, yang banyak didapatkan melalui internet. Pemesanan tiket online artinya adalah melakukan pemesanan dan transaksi melalui internet untuk akomodasi atau tour selama di daerah tempat wisata.

4. Dapatkan infomasi daerah yang akan dituju Memiliki pengetahuan atau informasi mengenai daerah wisata yang akan dituju, apalagi apabila belum memiliki pengalaman sebelumnya tentang daerah tersebut, sangat menolong sekali. Daerah wisata yang ingin dituju bisa didapatkan melalui internet maupun media elekrtonik lainnya, juga buku-buku wisata yang sangat banyak dijual di toko-toko buku. Dengan mengetahui banyak informasi akan membantu mengurangi stress, apalagi apabila wisata yang akan dituju berada di luar negeri atau memiliki bahasa yang sangat berbeda.

5. Buat Schedule Perjalanan Membuat schedule perjalanan sejak dari keberangkat, tempat-tempat yang akan dikunjungi setiap hari beserta jam-jam keberangkatan sampai saat pulang kembali setelah berwisata. Hal ini agar liburan dapat terkoordinasi dengan baik, serta mengoptimalkan waktu dan tujuan yang ingin dijalani selama berlibur. Selain untuk menghindari keterlambatan dan keterburu-buruan. Setiap anggota keluarga atau rombongan yang pergi berlibur dapat tetap mengetahui jadwal setiap hari yang akan dilakukan dan ingin dikunjungi. Yang paling penting adalah untuk menghindari keterlambatan dan mempermudah perjalanan. Karena setiap anggota rombongan mengetahui apa-apa saja yang akan dikunjungi selama liburan.

6 . Beri tahu orang terdekat Sebelum berangkat pergi berlibur jangan lupa untuk meninggalkan informasi tempat keberadaan anda saat berlibur, seperti nomor telepon yang dapat dihubung, alamat e-mail atau nama tempat anda menginap, kepada orang-orang terdekat seperti, orang tua, kakak atau adik, pembantu di rumah bahkan teman di kantor. Tujuannya adalah apabila ada sesuatu hal yang mendadak anda dapat segera dihubungi atau mendapatkan informasi.

7. Persiapkan obat Bagi anda yang meminum obat setiap hari, jangan lupa membawa persiapan obat selama liburan. Karena biasanya akan memiliki kendala apabila obat yang anda konsumsi setiap hari dan tempat dimana anda sedang berlibur tidak memiliki persiapan obat-obat seperti jenis obat rutin yang anda konsumsi. Persiapkan juga obat-obat ringan sesuai dengan kebutuhan selama berwisata seperti obat penurun panas, seperti Panadol, Paracetamol, Bodrexin, dll. Obat flu dan batuk, seperti Konidin, Benadril Expectoran, dll , Obat diarea seperti Imodium, Kaopektat, dll, Obat mual dan muntah seperti primperan atau stemetil dll, Obat maag seperti Mylanta, serta plester/band aid, betadine, dll. Persiapkanlah obat-obat ringan sesuai dengan adalah kebutuhan.

8. Persiapkan makan kecil Terkadang dalam perjalanan makanan camilan sangat dibutuhkan terutama bagi rombongan keluarga yang memiliki anak yang masih kecil. Menyiapkan makanan-makanan kecil untuk cemilan, dapat menjadi obat pengusir kebosanan sementara berada di bis atau kereta api. Makanan ringan yang perlu dipersiapkan adalah makanan cemilan kesukaan.

9. Persiapkan dokumen Persiapkan semua identitas diri dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau seperti paspor, visa, KTP, tiket perjalanan serta bukti konfirmasi akomodasi, kartu keluarga serta yang paling penting kartu NPWP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar